Air Terjun Kuta Malaka, Keindahan Wisata di Aceh Besar

air terjun kuta malaka, kuta malaka
Air Terjun Kuta Malaka Aceh Besar.

Air Terjun Kuta Malaka

Air terjun berikut merupakan air terjun yang berada di aceh. Tentunya bagi masyarakat sekitar air terjun ini sudah tidak asing lagi. Namun begitu tidak sedikit orang yang tidak mengetahui akan keberadaan air terjun tersebut.

Selain nama air terjun kuta malaka, di tempat ini juga terkenal dengan air terjun 7 tingkat samahani, jadi jangan bingung ya jika ada yang mengatakan air terjun 7 tingkat, dan ada bukit barisan yang berjejer bisa juga anda nikmati di atas puncak air terjunnya. 

Apalagi jika di lihat dari view yang keren, menjadi daya tarik bagi fotografer untuk mengambil keindahan alam yang ada di kawasan tersebut. Nah, buat sis and bro yang mau mampir kesini jangan lupa bawa kamera supaya kalian ga melewatkan moment liburan kalian ya.

Jarak lokasi kuta malaka ini sekitar 30 KM dari kota banda aceh. Sepeda motor atau mobil bergardan dua bisa jadi pilihan untuk mencapai lokasi ini. 

Awal perjalanan dari banda aceh, bisa di katakan sangat mulus karena memang kondisi jalan yang sudah di aspal dan pemandangan sawah di kanan dan kiri jalan menjadi pemandangan selama perjalanan. 

Sampai di simpang desa Tumbo Baro kecamatan kuta malaka, anda lihat sebelah kanan yang terdapat jalan raya dua jalur yang memiliki panjang sekitar 100 meter. Melewati jalan inilah menuju puncak kuta malaka di mulai.

Jalan menuju kuta malaka belum sama seperti jalan sebelumnya yang sudah di aspal dan halus. Jalan berlapis tanah merah menanjak dan kelok dengan panjang sekitar 5 Km, harus anda lalui. Jika musim kering, maka jalan akan di penuhi dengan debu, namun jika musim hujan, maka jalanan akan becek dan lengket.

Tapi jangan mundur ya, karena justru jalan seperti inilah yang semakin memacu andrenalin kita untuk terus bergerak maju. 

Suasana hutan tropis menemani perjalanan anda, menanjak ke lokasi air terjun. Ratusan anak tangga dengan kontur yang landai akan mengantarkan anda ke lokasi. Setelah itu, sampai pada tempat parkir motor.

Anda harus mengeluarkan biaya untuk parkir dan tiket masuk sebesar Rp. 10.000 saja perorang. Nah dengan adanya penjagaan kendaraan anda, tentu menjadikan anda lebih tenang dalam menikmati keindahan air terjun, tanpa khawatir akan kehilangan motor anda.

Pasalnya, air terjun kuta malaka memiliki telaga di setiap tingkatannya. Tentu tak lengkap jika anda tidak mencebutkan diri ke kolam tersebut (telaga).

Sembari menikmati alam yang indah, tak ada salahnya jika anda juga membawa bekal yang cukup seperti makanan ringan dan minuman.

Kopi hangat sangat tepat untuk menemani anda dalam menikmati indahnya ciptaan Tuhan ini. Bersama teman-teman tentu akan menambah kenikmatan petualangan anda. Namun sayangnya, di tempat ini belum ada fasilitas yang cukup, hanya ada kedai kecil yang masih belum di fungsikan. 

Jadi anda harus membawa bekal sesuai kebutuhan anda ya, supaya anda tidak kelaparan. Jangan lupa untuk menjadi pengunjung yang bijak, dengan menjaga lingkungan objek wisata dan buang sampah pada tempatnya atau anda bisa membawa pulang kembali sampah anda.

Lokasi Air terjun Seulawan Agam

Air terjun kuta malaka ini terletak di Desa samahani,  Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar Provinsi Nangro Aceh Darussalam.

Baca juga : Gunung Seulawan Agam, Wisata di Aceh Besar

Dan satu hal lagi, Gunung Seulawah agam juga bisa anda nikmati sembari anda melakukan perjalanan ke kuta malaka, karena jarak dan tempat yang berada di kabupaten yang sama yaitu aceh besar. 
Sekian semoga artikel ini bermanfaat....

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »