Cara Menanam Kangkung Secara Hidroponik di Pekarangan Rumah

hidroponik kangkung, hidroponik, kangkung
Kangkung HidroPonik

Hidroponik Kangkung 

Sebenarnya bukan hal yang baru lagi bagi kita mendengar kata hidroponik. Tapi sedikit mengulas bagaimana cara menanam kangkung secara hidroponik, nah khususnya untuk di area pekarangan rumah. 

Anda bisa melihat gambar di atas, mungkin sedikit banyak sudah terfikirkan bagaimana cara menanam hidroponik kangkung apalagi untuk di area yang sempit. Banyak sekali sebenarnya yang sudah menerapkan hidroponik untuk tanaman, karena selain simple juga tidak perlu pekarangan yang luas.

Ok di mulai tahapan untuk menanam kangkung secara hidroponik di pekarangan rumah :

- Peralatan dan Bahan

1. Baki ( keranjang Besek plastik )
2. Bekas Kaleng Cat
3. Bibit Kangkung
4. Air Nutrisi
5. Air Bersih Biasa

Cukup simple bukan, ..?? peralatan yang bisa kita gunakan untuk menanam kangkung memang terbilang sangat mudah, ini juga di karenakan kangkung memang sayuran tanam yang mudah untuk hidup dan beradaptasi. Dan tidak begitu banyak memakan pupuk.

Bagi perorangan atau bagi ibu rumah tangga, bisa bercocok tanam sendiri tentu menjadi hal yang menarik, bukan hanya menanam bunga namun mampu menanam sayuran juga hal yang unik. Nah bagi ibu-ibu IRT anda bisa menggunakan cara berikut ini untuk menanam sayuran kangkung di pekarangan rumah anda.

- Cara Pembuatan Hidroponik

Tahapan yang harus anda lalui sebagai berikut :
- Masukkan benih kangkung 2-3 sendok, kedalam air bersih.
Rendam benih atau biji kangkung tersebut selama satu malam, dan cukup di rendam di air biasa atau air bersih, pilih benih yang tenggelam saja dan buang benih yang mengambang karena benih yang mengambang tidak memilki ketahan untuk membuat kecambah. 

Setelah di rendam, masukkan benih tersebut di dalam baki yang di masukkan ke dalam bekas cat kaleng yang berisi air bersih. Namun perlu di ingat bahwa membuat hidroponik bukan berarti merendam seluruh tanaman kedalam air. 

Jadi pastikan hanya akar saja yang menyentuh air, jika anda menggunakan baki maka alasi baki dengan kain atau busa, kemudian letakkan benih di atasnya, dan letakkan baki tersebut kedalam cat kaleng yang berisi air hingga menyentuh kain atau busa tersebut. Sehingga benih mendapat air yang meresap lewat kain atau busa, jika air berkurang maka tambahkan secukupnya.

- Tunggu hingga benih kangkung mulai pecah
Setelah benih kangkung mulai terlihat memecah, maka segera buang air bersih yang ada di dalam kaleng cat tersebut. Ganti dengan air nutrisi ABMix sebanyak 400 PPM. Dan ingat air juga harus menyentuh kain, jadi isi air nutrisi secukupnya.

Setelah umur kangkung sudah berusia lebih dari satu minggu, maka tambahkan nutrisi hingga 800 ppm, jumlah air tetap sama namun cukup tambahkan nutrisi saja. Jika anda kesulitan dalam mencari nutrisi ABMix, maka ada alternatif lain untuk menggantikan nutrisi tersebut.

Anda bisa menggunakan kotoran hewan, seperti kotoran ayam atau sapi. Caranya ambil kotoran ayam atau sapi yang sudah mengering, kemudian masukkan kedalam ember kecil, kemudian haluskan dengan cara di tumbuk. Setelah itu masukkan air dan di aduk sampai tercapur rata.

Setelah itu baru anda masukkan ke dalam kaleng cat tersebut sebagai nutrisi untuk tanaman hidroponik anda. Memang jika menggunakan pupuk kotoran hewan sedikit menjijikkan, tapi jangan salah ya nutrisi yang di kandung di dalam kotoran hewan tersebut juga sangat bagus untuk tanaman.

Dan sekarang kita tunggu saja sampai kangkung siap untuk di panen. Tertarik untuk bercocok tanam..?? mungkin cara di atas bisa menjadi salah satu alternatif untuk anda di rumah.

Baca Juga : Cara menanam Pohon Pisang Yang Baik dan Benar

Sekian terima kasih...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »