Cara Menanam Pisang Agar Mendapat Hasil Yang Maksimal

pohon pisang, cara menanam pisang, tanaman pisang
Tanaman Pisang

Cara Menanam Pisang

Pada dasarnya, menanam pisang tidak lah begitu sulit, karena pisang sendiri merupakan salah satu tuumbuhan yang mampu hidup di bermacam iklim. Di musim panas pun, pisang mampu hidup ketika kita tanam, namun hasilna mungkin yang menjadi tidak maksimal.

Nah, kali ini saya akan membahas bagaimana menanam pisangdengan baik, supaya nanti kita juga akan mendapatkan hasil yang maksimal juga. Akan tetapi yang paling anda harus perhatikan adalah perawatan tanaman pisang tersebut.

Jika ingin mendapatkan hasil yang memuaskan, tentu harus di barengi dengan perawatan yang baik dan benar juga. Akan tetapi, itu akan saya bahas pada next post ya. 

Untuk menanam pohon pisang, Ada beberapa langkah :

- Perhatikan bibit

Untuk menanam pohon pisang, bibit yang baik tentu menjadi pilihan yang utama, jika kita sembarangan memilih bibit, tentu akan menghasilkan pohon pisang yang kurang memadai. Ciri bibit pisang yang baikm sebenarnya tidak perlu terlalu banyak yang di pertimbangkan, cukup anda lihat, besar batang dan juga bentuk batang. Jika busuk atau luka tentulah bukan bibit yang baik.

- Perhatikan Umur Bibit

Umur bibit pisang juga akan mempengaruh pertumbuhan, ini maksudnya adalah pertumbuhan batang dan pertumbuhan untuk berbuah. Jika anda mengambil bibit pisang yang masih kuncup atau yang panjangnya baru 1 atau 2 jengkal, ini tentu akan memakan waktu yang cukup lama untuk menunggu hingga berbuah.

Sebaiknya, ambil bibit pisang yang sudah berumur sekitar 3-4 bulan, memang akan lebih sulit menanamnya karena batang pohon pisang yang semakin besar. Namun dengan bibit yang lumayan besar, maka pertumbuhan akan semakin cepat dan berbuah juga akan lebih cepat.

- Perhatikan Tanah

Untuk yang selanjutnya adalah tanah, yang memang juga menjadi unsur penting dalam penanaman pohon pisang. Tanah yang memili unsur hara yang banyak, inilah tanah yang cocok untuk di tanami pohon pisang, namun jangan kuatir jika tanah anda merupakan tanah yang biasa saja tanpa unsur hara atau tanah kompos.

Kita bisa membuat tanah tersebut menjadi apik dan tandem jika di tanami pohon pisang. Disini jika tanah biasa saja, maka harus di beri pupuk yang mengandung unsur Pospat, pupuk apa saja mereknya yang penting mengandung unsur Posat, jika untuk menyuburkan tanah.

Anda juga bisa meggunakan pupuk kandang untuk menambah kesuburan tanah. 

- Penggalian Tanah

Untuk tanah yang gembur atau tidak terlalu keras, ini cukup menyenangkan karena anda tidak perlu menggali tanah terlalu dalam dan terlalu lebar. Ukuran lebar tanah dan dalamnya, tidak perlu dalam, hanya sedala sekitar 30 Cm dan lebar 30 Cm juga. Buat saja persegi 4 dengan ukuran 30 Cm semua termasuk kedalamannya.

Jika tanah agak keras, maka anda harus menggali lebih dalam, dengan ukuran 50 Cm lebar, panjang dan kedalamannya. Ini bukan di karenakan tanaman harus di tanam lebih dalam di tanah yang keras ya, namun anda harus menggemburkan sedikit tanah yang ada gali tersebut, lalu anda masukkan kembali bersamaan dengan pupuk sebagai nutrisi tambahan.

- Pupuk Tambahan

Ini masih berkaitan dengan Penggalian Tanah, pemberian pupuk bisa anda lakukan saat anda menggai tanah, makanya saya sarankan agar menggali tanah agak dalam sekitar 50 Cm baik di tanah yang gembur maupun yang keras. Ini di maksudkan, pupuk tambahan seperti pupuk kandang tersebut bisa anda masukkan kedalam lubang, lalu anda tutup dengan tanah sedikit kemudian baru anda memasukkan pohon pisang tersebut kedalam lubang.

Lalu di timbun akar bonggol pisang dengan tanah, dan usahankan tidak terlalu banyak menginjak tanah untuk memadatkannya, cukup 2-3 kali pijakan saja. Setelah itu, ita tinggal melakukan perawatan yang semestinya untuk tanaman buah pisang ini.

Sekian Semoga bermanfaar....
Sumber Informasi : Pengalaman Pribadi Penulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »