Wisata ke Pulau Berhala (Singkep) Kepulauan Riau Indonesia

Pulau berhala, pulau singkep, pulau berhala singkep, pulau berhala riau
Pula berhala (singkep). Foto : panoramio.com

Pulau Berhala

Jika berbicara tentang pulau berhala, mungkin yang ada di fikiran kita adalah sebuah pulau dengan banyak patung atau semacamnya. Sebagai tempat untuk penyembahan.

Namun, pulau berhala ini adalah tempat wisata yang menawan, dan sangat di sayangkan jika menjadi tempat yang terlewatkan untuk liburan anda.

Memang menurut cerita, pulau berhala ini, dulunya merupakan pulau yang di tempati oleh orang-orang yang sering melakukan penyembahan, terkait benar atau tidaknya saya sendiri kurang tau. Tapi kita sisihkan itu dulu.

Pulau berhala merupakan pulau yang memiliki keindahan alam, seperti pantai, laut, dan bebatuan yang besar yang ada di sekitaran pantai serta pepohonan yang menghijau.

Berwisata di pulau berhala yang ada di kepulauan riau, tidak akan membuat kita kecewa, keindahan pantai dengan pasir putih dan lautan yang luas, menambah pesona serta menyejukkan jiwa.

Jika biasanya kita selalu mendengar hiruk pikuk kehidupan kota, di tempat ini seolah kita berada di alam bebas yang tiada tau keributan dan kebisingan kehidupan di perkotaan.

Pulau ini, cukup tepat untuk menjadi tempat berlibur, karena terdapat akomodasi yang cukup yang bisa kita manfaatkan. Meskipun transportasi menuju pulau ini bisa di katakan sedikit sulit.

Yang bisa kita lakukan di pulau ini adalah bermain air, berenang, diving jika memang membawa perlatan dan memancing. Kita juga bisa bermain pasir yang ada di bibir pantai.

Terdapat tempat penginapan seperti rumah bulatan, yang di sediakan oleh warga setempat bagi pengunjung. Dan harga untuk menyewa rumah tersebut sekitar 200.000 rupiah, cukup terjangkau jika kita berlibur bersama teman atau berkelompok.

Selain itu, warga yang menyediakan tempat menginap juga menyediakan makanan untuk para pengunjung, dengan lauk yang bervariasi. Seperti ikan bakar, dan lainnya karena memang pulau ini dekat dengan laut, jadi makanan yang bisa peroleh tentunya lebih mendominasi ke hasil alam laut.

Untuk 3 kali makan biasa di beri harga 65.000 rupiah perorang, dengan porsi yang cukup dan bahkan lebih. Jadi jangan takut untuk tidak bisa ya di pulau ini.

Lokasi dan Akses ke pulau berhala

Di indonesia terdapat dua pulau berhala, yang berada di sumatra Utara dan satu lagi berada di kepulau riau seperti yang sedang kita bahas.

Pulau berhala terletak di Kecamatan Singkep kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau. Pulau berhala pernah di klaim sebagai wilayah yang masuk dalam provinsi jambi, namun kalim tersebut di tolak oleh mahkamah konstitusi dan akhirnya pada tahun 2013 lalu pulau berhala resmi menjadi milik Provinsi KepRi.

Untuk sampai ke lokasi ini, kita bisa menggunakan jalur laut menuju pulau singkep. Bisa kita akses dari pelabuhan batam, pelabuhan tanjung pinang dan pelabuhan di jambi. Tinggal pilih saja kita mau lewat dari pelbuhan mana dan dengan tujuan pulau berhala.

Biasanya jika kita dari jambi, menuju pelabuhan di pulau singkep yaitu pelabuhan debo, di kenakan biaya sekitar 280.000 rupiah. Namun jika berhenti di pulau berhala dari pelabuhan jambi, akan di kenakan biaya sekitar 140.000 rupiah.

Pulau berhala bisa di katakan sebagai tempat wisata bak surga yang tersembunyi, yang memang belum banyak orang yang mengetahui akan pulau berhala yang ada di kepulauan riau. 

Jadi bagi anda yang tertarik silahkan saja datang ke Pulau Berhala, dan bagikan pengalaman anda kepada teman-teman agar mereka tau dan pulau ini bisa menjadi tempat wisata yang populer.

Sekian informasinya terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »