Wisata Pantai Pesona di Pulau Rupat Bengkalis Riau Indonesia

Pantai pesona, pulau rupat, pulau bengkalis , pulau rupat bengkalis
Pantai Pesona Pulau rupat foto infoyunik.com
Pantai Pesona pulau rupat merupakan salah satu tempat wisata yang ada di riau. Selain ada beberapa air terjun, ternyata riau juga memiliki pantai yang tidak kalah jauh dengan pantai-pantai lain yang ada di indonesia.

Banyak yang mengatakan pantai pesona ini, mirip dengan pantai sanur yang ada di bali. Tidak heran jika pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata yang di idamkan bagi masyarakat khususnya riau. 

Bukan hanya pantai yang indah, akan tetapi pantai pesona pulau rupat ini, yang letaknya berhadapan langsung dengan selat malaka negara Malaysia. Sehingga dari bibir pantai, pengunjung dapat langsung melihat wilayah Tanjung Rusa di Port Dickson yang ada di negri tetangga tersebut.

Pantai Pesona Pulau Rupat memiliki ombak yang landai, di tambah dengan semilir angin yang sepoi-spoi, menambah keharmonisan alam yang luar biasa. Selain di sajikan dengan pemandangan yang indah, wisatawan juga bisa bermain air, berenang dan menikmati keindahan bawah laut Pulau Rupat. Apalagi bagi wisatawan yang suka diving, tempat ini sangat tepat untuk di kunjungi.

Panjang pantai dengan pasir putih yang datar dan bersih, menjadikan pantai ini tempatyang cocok untuk bersantai dan berjemur sembari minum juz atau minuman dingin lainnya. Panjang pantai yang berpasir ini sekitar 13 Kilo meter dan bahkan tidak jarang wisatawan asing sering datang dan berlibur di pulau ini. Dari pantai ini kita dapat melihat kapal-kapal besar yang melintas, karena laut ini memiliki kedalaman 10-30 meter sehingga sangat mendukung untuk kapal-kapal yang besar baik yang nasional maupun internasional.

Bukan hanya di siang hari, di malam hari pun pantai ini akan terasa sangat nyaman, selain pemandangan yang indah di malam hari, kerlap kerlip lampu yang berasal dari negri jiran malaysia juga terlihat dari pantai ini dan menambah nuansa yang romantis. Wisatawan asing/touris yang datang kebanyakan dari negri jiran, di karenakan pulau rupat tidak jauh dari negri malaysia, yang dapat di tempuh hanya dengan menggunakan boat cepat.

Pantai Pesona pulau rupat ini, terletak di desa Teluk Rhu, Pulau Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis Riau Indonesia. Pulau rupat memiliki luas pulau sekitar 1.524,84 kilometer persegi, yang merupakan gabungan dari 4 pulau yang seakan-akan menyatu menjadi satu pulau. Dan terdiri atas 2 kecamatan, Kecamatan Rupat dan Rupat Utara, dan memiliki 10 desa.

Untuk dapat sampai ke pantai pesona ini, jika kita wisatawan dari pekanbaru, kita dapat melewati jalur air dengan menggunakan boat, di pelabuhan Tanjung Datuk pekanbaru. Selain itu kita juga bisa menggunakan jalur darat melaui beberapa jalan, seperti jalan litas Siak dan jalan Lintas Maredan yang dapat kita tempuh dengan perjalanan kira-kira 5-6 jam. Dan setelah itu di lanjutkan dengan menggunakan boat untuk menyebrang ke pulau rupat.

Jika wisatawan dari dumai, Sebaiknya kita menggunakan menggunakan jalur air dengan menggunakan boat di pelabuhan Roro. Dengan jarak tempuh sekitar 2 jam, kita akan sampai ke pelabuhan Tanjung Medang yang merupakan satu-satunya pelabuhan dan pintu masuk utama kepulau tersebut. Jika ingin langsung ke Teluk rhu, maka kita akan di turun di tengah laut dan kemudian akan di sambung lagi dengan menggunakan sampan.

Dari pelabuhan Tanjung Medang ke Teluk Rhu dapat di tempuh dengan waktu 15 menit, dengan perjalanan menggunakan jasa transportasi ojek. Karena di pulau ini tidak tersedia angkutan umum seperti yang ada di kota. Dan tarif untuk sewa ojek sebesar Rp. 15.000 per orang. Jika sudah sampai, silahkan menikmati alamnya dan berselfie..

Sekian artikel ini, terima kasih..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »