Wisata Air Terjun Guruh Gemurai Kuantan Singingi Riau Indonesia

Air Terjun Guruh Gemurai, guruh gemurai, air terjun riau
Air Terjun Guruh Gemurai Foto Berbagai Sumber
Air Terjun Guruh Gemurai, ini lah nama salah satu wisata alam yang ada di indonesia, terletak di daerah kuantan singingi yang berjarak sekitar 25 KM dari ibu kota Kuantan Singingi atau dari Taluk Kuantan, tepatnya berada di desa Kasang, Kecamatan Kuantan mudik atau sering di sebut Lubuk Jambi, kabupaten Kuantan singingi, Provinsi Riau Indonesia. 

Air terjun ini, memiliki ketinggian sekitar 20 meter, dan terdapat kolam di bawahnya tepat di daerah turunnya air yang bisa kita gunakan untuk mandi, berfoto dan tentunya untuk menyegarkan badan. Nama air terjun guruh gemurai, diambil dari bahasa daerah setempat, guruh yang artinya gemuruh air yang jatuh dari ketinggian yang menyebabkan kebisingan, sehingga masyarakat di sana menyebutnya sebagai guruh. Sedangkan gemurai berarti air yang jatuh yang terpercik di antara bebatuan yang menyebabkan air berderai atau berurai.  

Di tempat wisata air terjun guruh gemurai ini, terdapat fasilitas yang cukup memadai untuk para pengunjung, seperti tempat parkir yang luas, bagi kendaraan roda 2 maupun kendaraan roda 4. Selain itu ada juga tempat beristirahat yang sudah di sediakan, sembari melepas lelah, kita juga bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa dari tempat istirahat. 

Bukan hanya tempat beristirahat, di tempat ini, juga tersedia musholla sebagai tempat beribadah bagi kaum muslim, dan juga tersedia pentas terbuka yang bisa di gunakan untuk melakukan acara seperti ulang tahun, pesta kecil dan tentunya pentas terbuka ini tidak gratis lho, kita akan di kenakan biaya jika ingin menggunakan pentas ini, dan tentunya dengan meminta ijin kepada penjaga atau pengurus wisata air terjun ini.

Untuk masuk ke wisata air terjun guruh gemurai ini, tentunya tidak gratis lho guys, kita akan di kenakan biaya, dan biaya untuk tiket masuk ini, di gunakan untuk melakukan perawatan, menjaga kebersihan serta untuk menunjang fasilitas-fsilitas yang di butuhkan para pengunjung, agar pengunjung merasakan kenyamanan serta keamanan dalam berwisata. 

Biasa akses masuk atau tiket masuk sebesar 2000 rupiah untuk anak-anak dan 3000 rupiah saja untuk orang dewasa. Dan biaya tiket parkir sebesar 2000 rupiah untuk roda 2 dan 5000 rupiah untuk kendaraan roda 4. Wooow... harga yang sangat terjangkau banget kan untuk para pengunjung dari semua kalangan. 

Akses jalan dan pintu masuk. foto dari berbagai Sumber
Dari gambar di atas, sudah terlihat dengan jelas, bahwa air terjun guruh gemurai ini, termasuk wisata air terjun yang sangat di perhatikan oleh pemerintah daerah, terlihat dari beberapa jalan atau akses untuk menuju air terjun tersebut. 

Untuk akses menuju air terjun guruh gemurai ini, kita harus tau rute nya ya guys. Air terjun guruh gemurai terletak sekitar 10 KM dari pasar lubuk jambi atau sekitar 25 KM dari Kota Taluk Kuantan, menuju arah Kiliran Jao perbatasan antara provinsi riau dengan provinsi sumatra barat. 

Setelah itu kita akan menemukan persimpangan jalan, jalan kanan dan kiri, ambil jalan yang mengarah ke arah kiri dan kita akan menuju ke desa Koto atau Kote Ate(kota atas). Jika kita mengambil arah kanan, kita akan sampai juga kesalah satu tempat wisata air terjun yang lain yang ada di kuantan singingi ini yaitu Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban

Tapi tujuan kita adalah air terjun guruh gemurai, dan ambil jalur arah kiri, dan sekitar 5 menit kita akan sampai di desa kasang. Dari desa kasang ini perjalanan akan di teruskan sekitar 10 menit dan kita akan sampai pada jalan masuk ke tempat air terjun, dan akan kita temukan gerbang/gapura besar yang bertuliskan SELAMAT DATANG DI OBJEK WISATA AIR TERJUN GURUH GEMURAI, yang terletak di sebelah kanan jalan, dan tidak jauh dari gapura akan di temukan lagi gerbang besar seperti yang terlihat pada gambar di atas. 

Dari tepi jalan nasional atau jalan lintas, kawasan air terjun terjun ini berjarak sekitar 2 KM melewati hutan gundul yang sudah di tanami pohon karet. Menjelang sampai di lokasi, di ketinggian itu akan di temui beberapa balai yang dapat di gunakan untuk beristirahat sejenak sambil menikmati alam yang ada di sekitar di sebelah kanan dan terlihat alur sungai kuantan yang berliku yang sangat menakjubkan. 

1 KM kemudian, kita akan sampai di lokasi wisata air terjun guruh gemurai, di lokasi ini sudah di abngun fasilitas tangga beton yang di bangun di antara tebing yang di gunakan untuk akses turun dan berjalan menuju air terjun ini. 

nahhh.. gimana tertarik bukan untuk berkunjung di tempat ini. yuukk ... jelajahi terus keindahan alam yang ada di indonesia. Dan jangan lupa untuk membuang sampah pada tempat yang di telah di sediakan...
Sekian dan terima kasih..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »