Wisata Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban Kuantan Singingi Riau Indonesia

Air Terjun 7 Tingkat, Batang Koban, air terjun batang koban, air terjun 7 tingkat batang koban
Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban foto : Berbagai Sumber
Hallo guys..
Kali ini saya akan memberikan beberapa informasi untuk anda mengenai wisata air terjun 7 tingkat batang koban, salah satu tempat wisata air terjun yang ada di provinsi riau. Hayooo... kepingin ga maen kesini.
Kalau di tanya soal ke inginan pergi wisata ketempatyang indah, siapa seh yang mau bilang ga mau..?? pastinya kalian semua ingin pergi kesuatu tempat yang indah dan nyaman untuk berwisata bersama teman atau keluarga, selain menjadikan liburan kita makin asyik, kita juga dapat menikmati keindahan yang ada di dalamnya.Salah satunya adalah air terjun tujuh tingkat batang koban.

Air terjun 7 tingkat batang koban ini, terletak di desa Lubuk Ambacang, kecamatan Hulu Kuantan, kabupaten Kuantan singingi, provinsi Riau Indonesia. Berjarak sekitar 37 KM dari pusat kota Taluk Kuantan, jika anda pengunjung dari pekanbaru, anda akan menempuh perjalanan sekitar 3.5 jam untuk menuju kota taluk kantan. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan ke Lubuk jambi, anda akan menempuh jarak sekitar 1 jam perjalanan. 

Setelah melewati kota Lubuk jambi, anda akan menemukan persimpangan jalan, ambil jalan yang menuju ke arah kanan, anda akan masuk ke kota Lubuk Ambacang sekitar 20 menit, dan menempuh jarak sekitar 11 KM. Jika anda mengikutijalur sebelah kiri, disana juga ada lho tempat wisata air terjun yang ga kalah menarik dan keren, yaitu AIR TERJUN GURUH GEMURAI, yang merupakan salah satu air terjun yang ada di kuantan singingi ini. 

Selain melewati kota lubuk jambi, kita juga bisa melewati desa Jake, simpang pos polisi ke desa Serosah, mudiak ulo hingga ke desa Koto Kumbu melewati jalan tanah, dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Menjelang sampai ke Lubuk Ambacang, kita akan melewati jembatan beton yang membentang di atas sungai Batang Kuantan. 

Selanjutnya, setelah anda sampai di Lubuk Ambacang, anda harus menempuh perjalanan lagi dengan menggunakan perahu boat, sekitar 20 menit untuk sampai kelokasi air terjun 7 tingkat ini. Dengan biaya sewa perahu boat sebesar 150-300 ribu rupiah. Harga yang lumayan juga ya guys... Tapi, di saat perjalanan menuju air terjun, kita juga menikmati ke indahan sungai yang terbentang panjang dan pepohonan yang asri di sekitarnya. Setelah sampai di dermaga/pemberhentian perahu boat, kita sudah bisa mendengar gemuruh air terjun yang jatuh. 

saat kita sampai, kita dapat langsung melihat air terjun tingkat pertama, dan untuk menuju tingkat air terjun selanjutnya, sampai ke air terjun tingkat ke 4, kita harus melewati tebing-tebing terjal dengan jalan beton dan diantara pepohonan yang masih natural. Nah untuk menuju tingkat air terjun ke 5 ke 6 dan ke 7, kita harus menempuh jalan yang lebih sulit dan lebih terjal lagi, tentunya ini akan sangat menantang bagi mereka yang menyukai tantangan, karena kita harus melewati pohon-pohon dan juga bergelantungan di akar-akar pepohonan sebagai pegangan, dengan jarak sekitar 50-100 meter untuk sampai ketingkatan air terjun tersebut.
Air Terjun 7 Tingkat Batang koban Foto dari : berbagai Sumber
Air terjun 7 tingkat batang koban ini, memiliki ukuran dan tingkatan air yang berbeda-beda. Air terjun tingkat ke 1 memiliki ketingiian sekitar 5 meter, yang memiliki bebatuan yang besar dan air langsung mengalir ke sungai Batang kuantan. Air terjun tingkat ke 2 mimiliki tinggi sekitar 3 meter dan memiliki arus yang cukup deras, dan kita harus berhati-hati jika ingin berfoto di bebatuan tersebut. Air terjun tingkat ke 3memiliki ketinggian air sekitar 3 meter juga, dan terdapat pahatan alam yang mengalirkan air. 

Air terjun tingkat ke 4, memiliki ketinggian sekitar 3-5 meter, dan di tingkat ke 4 inilah, salah satu spot bagi pengunjung jika ingin menikmati dinginnya air terjun batang koban ini, karena terdapat kolam yang cukup besar serta beberapa tali yang membentang di atas nya yang di gunakan untuk para pengunjung yang tidak begitu pandai berenang, namun tetap bisa menikmati keindahan dan dinginnya air terjun ini. 

Untk tingkat ke 5 memiliki tinggi sekitar 5 meter, aiterjn ke 6 memiliki ketinggian yang cukup jauh dari beberapa tingkatan air terjun di bawahnya yaitu tingginya sekitar 30 meter. dan untuk yang ke 7 memiliki ketinggian yang lebih rendah dari tingkat ke 6 . 

Pada tingkat ke 6 inilah, terlihat pemandangan air yang jatuh, yang berbutir embun yang tebawa angin menambah keindahan seolah air jatuh dari langit. Dan pemandangan dari tingkat ke 7, sangat mempesona dengan biasan air yang menjadi kan warna pelangi di sekitaran air terjun.
So .. gimana..?? tertarik...
silahkan datangi langsung tempatnya dan nikmati keindahan alam indonesia yang bergitu mempesona.

sekian terimakasih....

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »